Saturday, August 19, 2017

5 Tahapan Personal Branding




Dalam dunia bisnis online terutama di FB, nama akun kita sangatlah penting. Dari nama orang bisa tahu seperti apa kita yang sebenarnya. Ini juga dapat menguatkan kepercayaan calon customer pada kita. Salah satu usaha agar imej kita baik adalah dengan adanya personal branding.
Personal branding dapat diartikan secara bebas adalah sebuah brand yang menempel pada nama kita. Kita ingin imej apa yang menempel ada kita.

Berikut ini beberapa langkah membrandingkan diri di FB

1. Tentukan role mode
Sebelum membuat nama akun, kita sebaiknya menentukan role mode terlebih dahulu. Carilah tokoh atau orang yang ingin kita tiru. Lalu jiplaklah dia habis-habisan. Bagaimana dia membuat status FB, bagaimana dia menanggapi komentar, kapan dia nge-share , tema apa yang sering dia bahas dll. 

Role mode ini sebaiknya orang yang sejalan dengan bisnis kita. Misal saya sebagai penulis artikel bisnis, role mode saya adalah teh Indari Nastiti, maka saya akan kepoin akun FB beliau ini. Jadikan beliau ini sebagai pedoman dalam kita melangkah.Pernah mendengar ya ungkapan, sukses itu berpola, maka ikutilah pola orang-orang sukses. 

Setelah  kepoin akun model idaman kita, jangan berhenti begitu saja, mulai kembangkan dan sesuaikan apa-apa yang dilakukan role model kita dengan diri kita sendiri. Amati, Tiru dan Kembangkan (ATK)

2. Tentukan nama akun kita
Nama sangatlah penting maka jangan sesekali memberi nama akun kita dengan nama-nama yang aneh. Kalau bisa beri nama asli kita agar orang lebih percaya.
Nama akun FB juga jangan diberi nama produk kita, karena itu orang akan anti dan menolak pertemanan karena sudah tau kalau kita nantinya akan menawarkan dia produk. 

3. Tentukan karakter
Karakter ini juga sangat penting. Kita nantinya akan menjadi orang dengan karakter yang Hubble, periang atau humoris, atau orang dengan karakter tegas, agak kasar tapi benar. Usahakan kita konsisten dengan karakter yang kita pilih agar imejnya semakin kuat. 

4. Tentukan foto profil
Setelah role mode, nama dan karakter kita tentukan, selanjutnya pasang foto profil. Foto profil ini sebaiknya dapat menggambarkan Anda dengan tepat. Misal Anda ingin dikenal sebagai trainer, maka pasanglah foto profil  yang agak formal, atau jika Anda ingin dikenal sebagai emak pebisnis, bisa ditampilkan foto keluarga atau foto diri. Usahakan foto kita adalah foto yang terbaik namun tidak genit. 

5. Memasang cover FB
Sama halnya dengan foto profil, cover FB kita juga harus menggambarkan kita dan produk kita secara umum. Namun yang perlu diingat, jika kita masih baru, jangan memasang cover foto produk kita secara vulgar. Bolehlah kita pajang produk kita namun secara tersamar. 

Misal saya jualan tas rajut, maka cover FB saya adalah gulungan benang rajut yang indah. Atau boleh juga tidak berhubungan dengan produknya, kita bisa memasang foto yang mewakili karakter kita. Misal jika seorang wanita, kita bisa pasang cover bunga, laut dsb.

Itulah hal-hal yang berkaitan dengan personal branding, kita tidak boleh memberi kesan yang negatif. Tebarkanlah aura positif dan bermanfaat. Maka dari itu berhati-hatilah dalam memberikan nama, memasangkan foto profil  e dan mengisi konten status FB kita. Jangan  sampai nama baik kita dan produk kita tercoreng. Nama kita adalah brand yang akan menempel pada setiap imej dan produk kita selamanya.

*Yeyen robiah

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia



3 comments:

  1. bingung jg nentuin personal branding ini... sy kok rasanya ga bs spesifik gitu, teh. btw, suka ngerajut jg *tossss...

    ReplyDelete
  2. mulai tentukan kan teh branding buat kita jadi kitya lebih berkarakter dan mantap. semangat ya.. eh saya mah ga bisa ngerajut teh, bisanya jualan tas rajut, hehehe...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete