Wednesday, August 23, 2017

Apa Slogan Produk Anda?


Sebelum kita mulai membahas tentang slogan, coba jawab pertanyaan saya dibawah ini dengan cepat.
1.Orang pintar minum…
2.Nyamuk sini Cuma takut…
3.….dulu liburan kemudian
4. ….pancen oye
5. ….semakin di depan

Oke cukup ya. Dari 5 pertanyaan itu mungkin sebagian kita sudah tahu jawabannya. Mari kita cek bersama.
1.Orang pintar minum Tolak Angin
2.Nyamuk sini cuma takut Tiga Roda
3.Traveloka dulu liburan kemudian
4.Oskadon pancen oye
5. Yamaha semakin di depan

Dah betul semua kan ya? Ya rata-rata masyarakat Indonesia akan dengan mudah menjawab 5 kalimat itu. Kenapa? Karena kalimat-kalimat itu begitu terkenal. Inilah yang di sebut slogan.

Slogan dalam kamus bahasa Indonesia berarti motto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial, agama, dan lainnya, sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat dan untuk mempengaruhi atau mengajak orang lain. Jadi slogan itu secara garis besar kalimat yang singkat, padat dan berisi untuk tujuan mempengaruhi atau mengajak orang lain.

Singkat artinya hanya terdiri daribeberapa kata dalam satu kalimat jadi mudah diingat. Padat artinya dalam satu kalimat ini sudah mengandung makna yang menyeluruh. Sedangkan berisi maksudnya memiliki pesan-pesan tertentu atau misi tertentu.

Dari arti slogan itu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa slogan merupakan indentitas atau ciri khas suatu produk. Ciri khas yang dimilikinya ini dirangkum dan diramu sedemikian rupa dalam satu kalimat yang padat dan berisi.

Setiap orang yang mendengar kalimat itu akan dengan mudah menghubungkannya dengan produk yang bersangkutan. Selain itu kesan atau imej yang diinginkan si pemilik produk itu pun sudah tersampaikan dengan baik dalam slogan-slogan ini. Jadi setiap ada kegiatan yang berhubungan dengan apa yang ditulis dalam slogan, mereka akan selalu ingat dengan slogannya dan tentu saja ingat dengan produknya. Dan tujuan pemasaran iklannya pun tercapai, yaitu penawaran produknya diterima oleh calon customernya.

Itulah ilustrasi fungsi dari sebuah slogan.

Secara ilmiah, slogan yang terdiri dari beberapa kata ini merupakan kesatuan kalimat yang disampaikan dengan tata bahasa yang tepat. Susunan ini dibuat sedemikin rupa agar bisa memasuki area kritis calon custmernya. Area kritis ini akan dilewati dengan aman tanpa menyenggol alarmnya sehingga masuk ke daerah alam bawah sadar. Dengan perlahan dan lembut, kata-kata ini masuk dan akhirnya diterima oleh alam bawah sadar calon customernya dengan menimbulkan suatu kesan atau sugesti terhadap produk tersebut. Sugesti yang sudah tertanam ini akan mengubah sikap atau perilaku si calon customer tadi.

Misalnya saja, dia akan merasa menjadi orang pintar ketika minum tolak angin, maka ketika masuk angin segera berpikir cepat (seperti orang pintar) segera membeli dan minum tolak angin. Begitu juga dengan slogan traveloka. Ketika kita akan merencanakan liburan maka agar liburannya sukses ya buka traveloka dan menggunakan jasa yang ditawarkan oleh traveloka. Nah disinilah tindakan-tindakan yang diinginkan sang pemilik produk tercapai.

Dari paparan diatas, dapat kita simpulkan bahwa bahasa sangat berperan penting dalam terjadinya transaksi. Bahasa ini bisa digunakan untuk menanamkan suatu doktrin atau sugesti tertentu terhadap produk atau jasa yang kita punya. Pemilihan bahasa yang tepat akan berpengaruh pada berhasil tidaknya sugesti itu tertanam pada otak calon customernya.  

Jadi, slogan yang tepat dan cantik akan mempengaruhi diterima tidaknya produk kita oleh masyarakat. Sampaikan slogan itu padas setiap kita berpromosi atau membuat konten iklan. Biasanya slogan ini diletakkna di bagian akhir paragraf. Lama kelamaan slogan produk kita akan menempel dan memiliki kesan yang mendalam sehingga produk kita pun dikenal.

Contoh yang sedang saya lakukan mengenai slogan ini adalah saya selalu mengikutsertakan slogan “ salam cantik dari tas rajut etnik” atau “ mau cantik ya tas rajut etnik” dalam setiap konten di Fb saya. Jadi setiap ingat kata cantik, maka akan teringat juga tas rajut etnik.

Nah, sudahkan Anda mempunyai slogan untuk produk Anda?

*Yeyen Robiah
#ODOP

#BloggerMuslimahIndonesia

3 comments: