Saturday, August 19, 2017

Merawat "Kolam Ikan" di Facebook




Masih seputar bagaimana menarik dan merawat calon customer di kolam ikan kita yaitu akun FB kita, kali ini kita akan membahas tentang beberapa teknis sederhana dalam broadcast konten kita.
Seperti kita ketahui konten itu bisa berupa tulisan atau artikel full yang bermanfaat bagi pembacanya, namun bisa juga artikel yang disertai gambar ataupun foto.

Menurut beberapa penelitian, menyatakan bahwa konten yang disertai gambar atau foto akan memiliki kekuatan viral yang lebih dahsyat. Maka dari itu tidak ada salahnya kita menyertakan gambar atau foto yang sesuai dengan konten yang kita tulis.

Gambar atau foto yang akan kita share sebaiknya berupa gambar dan materi atau informasi yang disatukan dalam sebuah flyer. Flyer ini semacam brosur-brosur yang sering kita jumpai sehari-hari.

Kekuatan flyer ini terletak pada desain yang menarik. Perpaduan antara foto dan isi harus proporsional, padat dan berisi. Berikut ini beberapa kriteria flyer yang bagus dan menarik.

1. Flyer dalam bentuk square.
Secara umum pembaca akan lebih tertarik dengan desain berbentuk kotak atau square. Bentuk square ini diyakini memiliki sifat universal dan eye cathcing. Sebaliknya jika flyer itu berbentuk circle, memiliki kesan aneh dan terlalu feminim. Maka gunakanlah bentuk square yang lebih banyak diterima masyakarakt umum, familiar dan tentu saja lebih banyak memuat space untuk gambar dan tulisan.

2. Resolusi yang tinggi
Kekuatan sebuah gambar terletak pada ketajaman tampilannya. Semakin tajam dan bersih maka semakin menarik.
Untuk memiliki ketajaman yang bagus, gambar sebaiknya berukuran sekitar 1000 x 1000px atau 500x500 pickel. Gambar yang tajam dan tidak pecah merupakan modal awal untuk menangkap perhatian pembaca lebih banyak.

3. Sesuai dengan konten
Flyer atau gambar yang akan kita share sudah pasti harus memiliki kesesuaian. Jangan sampai ada kontradiksi antara konten dan gambar. Hal ini agar membentuk kesatuan pemahaman terhadap pesan yang akan kita sampaikan.

4. Sertakan quotes
Konten yang berupa gambar atau flyer diyakini memiliki daya tarik yang lebih kuat dari pada tulisan yang panjang lebar. Hal ini terbukti dengan banyak orang yang menshare gambar-gambar yang berisi quotes yang mengena.

Ini merupakan salah satu peluang kita untuk menyebarluaskan branding kita melalui gambar-gambar yang disertai quotes.

Buatlah gambar yang disertai kata-kata semangat, motivasi, renungan, hikmah dll. Selain sangat bermanfaat sebagai pengingat diri juga lama kelamaan akan menaikkan personal branding kita di mata calon customer kita.

5. Mempunyai style
Dalam membuat flyer usahakan kita konsisten pada tema tertentu sesuai dengan target market kita. Konsistensi ini juga berlaku pada gaya bahasa, tampilan sampai pada warna, bentuk atau font yang kita gunakan. Hal ini bertujuan agar kita memiliki ciri khas tertentu. Dengan ciri khas kita inilah orang akan mengenal gambar-gambar kita meski tanpa kita beri identitas secara langsung.

6. Beri logo atau watermark
Sebagai salah satu bukti bahwa flyer itu adalah karya kita, sebaiknya pada setiap gambar yang kita buat dibubuhkan logo khas kita atau watermark. Watermark ini lah yang akan selalu dibawa kemana-mana. Letakkan lah gambar logo kita di tempat-tempat yang terbaca secara proporsional. Jangan terlalu besar dan jangan pula terlalu kecil. Letaknya bisa di tengah, pojok atau bawah. Logo ini juga harus konsisten agar validitas nya kuat.

Itu tadi beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat desain flyer yang akan kita jadikan konten untuk menyebarkan virus bisnis kita. Selanjutnya kita akan membahas tentang waktu-waktu yang tepat untuk membagikan konten-konten kita itu.

Berdasarkan hasil penelitian (baca:kepo) dari akun-akun para mastah, berikut ini jadwal share konten pada jam-jam ramai di FB. Pada jam-jam ini sebagian besar penduduk FB aktif sehingga kemungkinan terbaca nya lebih besar.

Pagi : 06.00-08.00 atau 07.00-09.00
Siang : 11.00-12.00 atau 12.00-13.00
Sore : 15.00-17.00
Malam: 19.00-20.00 atau 20.00-22.00

Nah di waktu-waktu itulah para pengguna FB biasanya sedang on, ada yang sedang di dalam mobil berangkat bekerja, coffee break, lunch time, ishoma, istirahat sore, dan menjelang tidur. Pada waktu-waktu inilah sebaik kita membagikan konten andalan kita sehingga daya serapnya lebih maksimal.

Lalu bagaimana agar penyebaran konten ini berjalan tertib dan kontinyu? Jawabannya adalah buatlah jadwal khusus untuk membuat konten dalam seminggu.

Beberapa mastah terkenal seperti bung Billy dan kang Dewa, mereka membuat konten seminggu sebelumnya. Mereka mengalokasikan 3-4 hari dalam seminggu khusus untuk membuat konten untuk Minggu berikutnya.

Misal sehari mereka akan membagikan 3 konten, maka dalam waktu 3 hari itu mereka akan membuat 3x7 yaitu 21 konten. Konten ini bervariasi, ada full artikel , flyer atau flyer dan caption-nya.

Sebagai penutup, untuk menjadikan akun FB kita sebagai kolam ikan yang subur memang tidak mudah, diperlukan perencanaan yang matang dan action yang kuat. Disiplin, punya komitmen dan etos kerja yang tinggi merupakan sebuah keharusan. Namun dengan usaha yang terencana dengan baik, action yang nyata akan menghasilkan panen yang melimpah. Branding kita naik, dan tentu saja produk kita akan banyak yang melirik. Tetap semangat dan sukses selalu.


*Yeyen Robiah
#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

No comments:

Post a Comment