Masih
seputar bagaimana menarik dan merawat calon customer di kolam ikan kita yaitu
akun FB kita, kali ini kita akan membahas tentang beberapa teknis sederhana
dalam broadcast konten kita.
Seperti
kita ketahui konten itu bisa berupa tulisan atau artikel full yang bermanfaat
bagi pembacanya, namun bisa juga artikel yang disertai gambar ataupun foto.
Menurut
beberapa penelitian, menyatakan bahwa konten yang disertai gambar atau foto
akan memiliki kekuatan viral yang lebih dahsyat. Maka dari itu tidak ada
salahnya kita menyertakan gambar atau foto yang sesuai dengan konten yang kita
tulis.
Gambar
atau foto yang akan kita share sebaiknya berupa gambar dan materi atau
informasi yang disatukan dalam sebuah flyer. Flyer ini semacam brosur-brosur yang
sering kita jumpai sehari-hari.
Kekuatan
flyer ini terletak pada desain yang menarik. Perpaduan antara foto dan isi
harus proporsional, padat dan berisi. Berikut ini beberapa kriteria flyer yang
bagus dan menarik.
1.
Flyer dalam bentuk square.
Secara
umum pembaca akan lebih tertarik dengan desain berbentuk kotak atau square.
Bentuk square ini diyakini memiliki sifat universal dan eye cathcing. Sebaliknya
jika flyer itu berbentuk circle, memiliki kesan aneh dan terlalu feminim. Maka
gunakanlah bentuk square yang lebih banyak diterima masyakarakt umum, familiar
dan tentu saja lebih banyak memuat space untuk gambar dan tulisan.
2.
Resolusi yang tinggi
Kekuatan
sebuah gambar terletak pada ketajaman tampilannya. Semakin tajam dan bersih maka
semakin menarik.
Untuk
memiliki ketajaman yang bagus, gambar sebaiknya berukuran sekitar 1000 x 1000px
atau 500x500 pickel. Gambar yang tajam dan tidak pecah merupakan modal awal untuk
menangkap perhatian pembaca lebih banyak.
3.
Sesuai dengan konten
Flyer
atau gambar yang akan kita share sudah pasti harus memiliki kesesuaian. Jangan
sampai ada kontradiksi antara konten dan gambar. Hal ini agar membentuk kesatuan
pemahaman terhadap pesan yang akan kita sampaikan.
4.
Sertakan quotes
Konten
yang berupa gambar atau flyer diyakini memiliki daya tarik yang lebih kuat dari
pada tulisan yang panjang lebar. Hal ini terbukti dengan banyak orang yang menshare
gambar-gambar yang berisi quotes yang mengena.
Ini
merupakan salah satu peluang kita untuk menyebarluaskan branding kita melalui
gambar-gambar yang disertai quotes.
Buatlah
gambar yang disertai kata-kata semangat, motivasi, renungan, hikmah dll. Selain
sangat bermanfaat sebagai pengingat diri juga lama kelamaan akan menaikkan
personal branding kita di mata calon customer kita.
5.
Mempunyai style
Dalam
membuat flyer usahakan kita konsisten pada tema tertentu sesuai dengan target
market kita. Konsistensi ini juga berlaku pada gaya bahasa, tampilan sampai pada warna,
bentuk atau font yang kita gunakan. Hal ini bertujuan agar kita memiliki ciri
khas tertentu. Dengan ciri khas kita inilah orang akan mengenal gambar-gambar kita
meski tanpa kita beri identitas secara langsung.
6.
Beri logo atau watermark
Sebagai
salah satu bukti bahwa flyer itu adalah karya kita, sebaiknya pada setiap gambar
yang kita buat dibubuhkan logo khas kita atau watermark. Watermark ini lah yang
akan selalu dibawa kemana-mana. Letakkan lah gambar logo kita di tempat-tempat
yang terbaca secara proporsional. Jangan terlalu besar dan jangan pula terlalu
kecil. Letaknya bisa di tengah, pojok atau bawah. Logo ini juga harus konsisten
agar validitas nya kuat.
Itu
tadi beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat desain flyer yang
akan kita jadikan konten untuk menyebarkan virus bisnis kita. Selanjutnya kita
akan membahas tentang waktu-waktu yang tepat untuk membagikan konten-konten
kita itu.
Berdasarkan
hasil penelitian (baca:kepo) dari akun-akun para mastah, berikut ini jadwal
share konten pada jam-jam ramai di FB. Pada jam-jam ini sebagian besar penduduk
FB aktif sehingga kemungkinan terbaca nya lebih besar.
Pagi
: 06.00-08.00 atau 07.00-09.00
Siang
: 11.00-12.00 atau 12.00-13.00
Sore
: 15.00-17.00
Malam:
19.00-20.00 atau 20.00-22.00
Nah
di waktu-waktu itulah para pengguna FB biasanya sedang on, ada yang sedang di dalam
mobil berangkat bekerja, coffee break, lunch time, ishoma, istirahat sore, dan menjelang
tidur. Pada waktu-waktu inilah sebaik kita membagikan konten andalan kita
sehingga daya serapnya lebih maksimal.
Lalu
bagaimana agar penyebaran konten ini berjalan tertib dan kontinyu? Jawabannya adalah
buatlah jadwal khusus untuk membuat konten dalam seminggu.
Beberapa
mastah terkenal seperti bung Billy dan kang Dewa, mereka membuat konten
seminggu sebelumnya. Mereka mengalokasikan 3-4 hari dalam seminggu khusus untuk
membuat konten untuk Minggu berikutnya.
Misal
sehari mereka akan membagikan 3 konten, maka dalam waktu 3 hari itu mereka akan
membuat 3x7 yaitu 21 konten. Konten ini bervariasi, ada full artikel , flyer
atau flyer dan caption-nya.
Sebagai
penutup, untuk menjadikan akun FB kita sebagai kolam ikan yang subur memang
tidak mudah, diperlukan perencanaan yang matang dan action yang kuat. Disiplin,
punya komitmen dan etos kerja yang tinggi merupakan sebuah keharusan. Namun
dengan usaha yang terencana dengan baik, action yang nyata akan menghasilkan
panen yang melimpah. Branding kita naik, dan tentu saja produk kita akan banyak
yang melirik. Tetap semangat dan sukses selalu.
*Yeyen
Robiah
#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia
No comments:
Post a Comment