Bagi para pebisnis pemula mungkin masih bingung
mencari ide bisnis atau produk apa yang akan dijual. Jangan khawatir, sekarang
ada model atau program yang bisa kamu jalankan untuk memulai bisnismu. Program
penjualan yang memudahkan kamu hampir tanpa nyetok barang, tanpa packing tapi
omzet bisa melejit. Program itu bernamanya MARKETER.
Marketer adalah istilah yang sudah tak asing bagi
kita. Marketer bisa diartikan sebagai pemasar. Sebenarnya banyak sih istilah
yang beredar di dunia bisnis online sekarang ini, yaitu ada reseller,
dropshiper dan marketer. Ketiga istilah ini hampir sama hanya beda mekanisme
sedikit saja Tapi disini kita hanya akan fokus pada marketer saja. Marketer
adalah orang yang ikut memasarkan suatu produk dari produsen dengan imbalan
berupa komisi.
Keuntungan menjadi marekter online adalah kita
tidak perlu nyetok barang, foto-foto barang dan packing barang. Tugas utama
marketer adalah hanya memasarkannya lewat beberapa media online yang dikuasai, misal
FB . Marketer hanya bermodal gadget, pulsa data internet dan waktu saja.
Namun siapa sangka marketer online juga bisa
sukses, asal dikerjakan secara profesional dan tahu ilmunya. Untuk menjadi marketer yang sukses diperlukan beberap
disiplin marketer yang harus diactionkan secara konsisten. Kita meyakini bahwa
tidak ada sesuatu yang instan, semua butuh proses dan usaha yang keras. Namun
kita juga harus percaya bahwa dengan kuatnya tekad, kerasnya usaha dan
khusyunya doa, insyallah impian kita menjadi orang sukses bisa terwujud.
Nah berikut ini beberapa disiplin marketer yang
harus kita ketahui dan laksanakan secara konsisten.
- Menambah jumlah teman, follower atau friendlist
Facebook adalah salah satu
media sosial yang paling banyak digunakan oleh sebagaian besar pengguna
internet, apalagi wanita. Mereka banyak berkumpul di FB untuk saling menyapa,
berbagi cerita dan kini juga sudah digunakan sebagai medai bisnis yang
menjanjikan.
Sebagai marketer kita bisa
memanfaatkan media FB ini sebagai ladang penjualan kita. Misalnya saja kita
sebagai marketer produk fashion wanita. Fb adalah salah satu media yang pas
untuk meraup keuntungan. Nah kita bisa mulai menjaring calon pembeli dari media
ini. Langkah pertamanya adalah dengan menambah daftar nama teman-teman atau
friendlist FB kita.
Sebagai marketer online produk
fashion wanita misalnya, kita bisa menambahkan akun-akun FB para remaja, ibu
rumah tangga dan mahasiswi sebagai target market kita. Cari akun-akun berprofil
wanita atau ibu rumah tangga yang kemungkinan tertarik pada dunia fashion. Hal
ini bisa kita lihat di profilnya, foto-fotonya dan statusnya yang dibagikan.
Tambahkan mereka maksimal tiga puluh akun setiap harinya. Usahakan add mereka
yang benar-benar tertarik di dunia fashion dan memiliki daya beli yang tinggi.
Selain add tiga puluh akun
setiap harinya, jangan lupa waktu add akun mereka pada saat-saat prime time.
Artinya saat kebanyakan mereka aktif di FB agar permintaan kita segera
diaprrove.
Lakukan langkah pertama ini
dengan konsisten dan tertarget, maka lambat laun kita akan mendapatkan calon
pembeli yang loyal dan menjanjikan.
- Berkomunikasi secara teratur
Setelah kita add beberapa akun
secara konsisten, sebaiknya kita lakukan komunikasi yang teratur. Adanya interaksi
yang berkelanjutan ini menandakan bahwa kita adalah penjual yang ramah dan
layak dipercaya sehingga mereka mau bersosialisasi dengan kita dan akhirnya naati
bertransaksi dengan kita.
Komunikasi ini dikakukan
sewajarnya saja. Tidak perlu berlebihan dalam menyapa dan menanyakan banyak hal
yang bertele-tele. Selain secara personal kita ucapkan terimakasih setelah diapprove,
kita juga bisa melakukan komunikasi melalui stustus FB. Buatlah status FB yang
familiar, humanis dan memancing interaksi. Sesuaikan tema status kita dengan
tema yang mereka sukai, misal kalau taget market kita kebanyakan ibu rumah
tangga, buatlah status bertema wanita, pekerjaan rumah tangga atau pendidikan
anak.
Hal-hal tersebut diatas harus
kita terapkan secara proporsional dan sewajarnya. Selain membuat stuatus FB, kita
juga bisa me-LIKE dan kometar balik ke status-status mereka di FB. Hal ini
menandaksn bahwa kita juga peduli dengan mereka.
- Follow up
Jika sudah terjalin komunikasi
yang bagus maka sedikit demi sedikit target market kita akan mulai suka, tertarik dan akhirnya percaya
dengan kita. Kalau mereka sudah percaya dengan kita maka kemugkinan besar
mereka akan tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Hal ini bisa kita
ketahui dengan komentar-komentar mereka atau inbok yang masuk ke akun kita. Nah
jika ini sudah terjadi, tugas kita adalah memfollow up mereka.
Cara paling sederhana dalam
memfollow up mereka adaah dengan mengucapkan terima kasih ketika mereka sudah
me-like status kita, lalu tanyakan apa kebutuhan mereka. Jika semua ini
dilakukan dengan baik, maka akan terjadi transaksi yang kita inginkan yaitu
clossing.
- Catat, hitung dan analisis
Jika sudah terjadi transaki
dengan teman-teman FB maka segeralah kita lanjutkan prosesnya ke produsen.
Karena kita sebagai marketer,
kita hanya meminta data nama dan alamat si pembeli untuk pengecekan ongkos
kirim. Berikan data tersebut ke produsen kita. Tetapi sebelum mereka memberikan
datanya pastikan dulu barang pesanan mereka stoknya masih aman. Tanyakan
stoknya dengan jelas dan informasikan kepada pembeli apa adanya.
Setelah semua oke, lakukanlah
transaksi jual beli online seperti biasanya. Satu hal yang tdak boleh kita
lupakan adalah mencatat setiap transaksi yang ada. Nama, jenis barang, alamat
dan no telepon si pembeli. Jangan lupa juga jika ada yang meminta info stok
barang warna lain, maka kita catat dulu lalu segera mintakan info ke produsen dan
infokan kembali ke pembeli.
Lakukan pencatatan sederhana
ini dalam sebuah buku khusus. Lakukan secara berkala setiap hari, bahkan buat
juga laporan bulanannya. Hitung pemasukan kita, omzet dan profit yang kita
peroleh.
Dari catatan ini kita bisa
menganalisa jenis barang apa yang paling laris, jumlah pemasukan dan lain-lain.
Catatan ini penting sebagai bahan evaluasi kemajuan bisnis kita.
- Lakukan evaluasi secara berkala
Ini adalah langkah terakhir yang harus kita lakukan.
Evaluasi secarz berkala. Fungsinya pasti semua sudah tahu yaitu untuk mengukur
dan mengetahui sejauh mana kemajuan bisnis kita. Data ini akan kita gunakan bahan pertimbangan dan perbaikan langkah
–langkah selanjutnya.
Nah, itu tadi beberapa
disiplin marketer yang harus kita actionkan secara konsisten, terus menerus dan
profesional. Dengan konsistensi dan semangat yang kuat maka peluang untuk
menjadi sukses sudah ada di depan kita. Go ACTION!!
*Yeyen Robiah
#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia
Terimakasih infonya kak.. ^^
ReplyDeletesip...sama-sama mba
ReplyDelete