Facebook adalah salah satu media sosial yang
paling digemari dan laris di kalangan pengguna internet. Fitur yang mudah digunakan
serta misi FB yang digaungkan adalah connecting people, membuat FB menjadi media
yang pas sebagai ajang saling bertemu, bernostalgia, dan bersosialisasi meski
sebatas dunia maya.
Lalu bagaimana kita memanfaatkan FB ini
sebagai media untuk meraup keuntungan?
Yuk kita simak 5 rahasia sukses berbisnis
di FB berikut ini.
- Share status yang bermanfaat
Agar para
pembaca yang nota bene calon customer kita betah di wall kita maka buatlah
mereka nyaman dengan isi wall kita. Jangan sampai kita membuat status yang
berisi keluh kesah, galau apalagi sumpah serapah. Jika hal ini dilakukan maka
aura negatif akan yang menempel di akun kita. Ini sangat merugikan kita
sendiri. Pembaca akan males mampir apalagi berlama-lama di wall kita.
Kebalikannya,
buatlah status yang menyenangkan, inspiratif, lucu, ringan tetapi tetap sarat
akan makna. Status-status itu bisa berupa kisah keseharian kita dengan
anak-anak, komunitas, hobby, dll.
Selain kisah
keseharian kita , kita juga bisa mengambil atau mengisahkan kembali kisah-kisah
orang lain yang banyak beredar di internet. Kisah ini bisa berupa perjuangan
hidup, merintis bisnis ataupun kisah keluarga yang mengharu biru. Point yang
kita tonjolkan adalah sisi kebermanfaatannya atau nilai hikmah yang kita
dapatkan setelah kita membaca kisah-kisah tersebut.
Oya satu
larangan dalam menulis status ini adalah jangan sampai ada kasus plagiasi. Jika
kita menemukan kisah positif dari status atau tulisan orang lain maka kita
harus menuliskan sumbernya. Ini adalah salah satu adab dalam dunia tulis
menulis.
- Jalin interaksi
Setelah
menulis status-status yang bermanfaat, maka langkah selanjutnya adalah adanya
hubungan timbal balik. Lakukan interaksi yang wajar pada setiap aktifitas kita
di FB. Saling menyapa, saling membalas koment ataupun like dan tidak mengarah
pada ghibah, rasis dan hal-hal negatif lainnya.
- Membuat ajang give away
Pada dasarnya
semua orang itu suka diberi hadiah. Hadiah adalah salah satu bukti perhatian,
kasih sayang dan kepedulian. Orang tidak akan melihat besar kecilnya hadiah itu
tetapi lebih ke ikatan batin karena saling peduli dan perhatian.
Kita bisa
mengadakan ajang give away pada saat moment-moment tertentu, misal menjelang Ramadhan,
hari kemerdekaan dan lain-lain. Hadiah pun beragam, namun diusahakan hadiah itu
berhubungan dengan produk kita. Selain sebagai ajang silaturohim, give away ini
bisa sebagai ajang promosi produk kita.
- Share produk dengan elegant
Setelah
melakuka tiga hal di atas, diharapkan hubungan kita dengan calon customer akan
semakin dekat. Adanya perkenalan, tertarik dan akhirnya suka dan percaya akan
membuat calon customer kita tidak segan-segan lagi untuk bertransaksi dengan
kita. Inilah saatnya kita membuat branding produk kita.
Setelah
terjalin hubungan yang baik dengan customer, kita bisa mulai share produk kita
di FB. Share produk ini pun harus secara elegant. Kita bisa mulai menawarkan produk
kita dengan bahasa-bahasa yang nyantai namun mengena. Beberapa formula atau
pola kalimat yang menarik dan elegant dalam mempromosikan produk kita di FB
bisa kita pelajari dengan ilmu hypnowriting. Hypnoowriting adalah ilmu
komunikasi tentang bagaimana sebuah tulisan bisa mempengaruhi dan akhirnya
mengajak calon customer untuk bertransaksi dengan kita tanpa paksaan. Hypnowriting
ini bisa kita pelajari dengan membaca berbagai literatur, buku ataupun
pelatihan-pelatihan yang kini sudah mulai marak ditawarkan di media online.
- Konsisten
Rahasia
terakhir adalah konsisten. Ya, semua tahapan yang bisa kita lakukan untuk
melejitkan usaha kita melalui FB dapat berhasil jika kita lakuka terus menerus.
Adanya interaksi yang intens akan elegantt menghasilkan kepercayaan pada calon
customer. Selain itu promo-promo yang elegant secara terus menerus akan
menumbuhkan kasadaran calon customer akan kebutuhannya terhadap produk kita.
Kesadaran yang muncul lama kelamaan akan menumbuhkan rasa suka, tertarik dan
percaya pada kita. Kalau sudah ada rasa percaya maka kemungkinan besar mereka
berani dan mau bertransaksi dengan kita.
Oya konsisten disini bukan
berarti menyebar tulisan ataupun produk secara terus menerus dalam jumlah
banyak dan sembarangan ya. Kita share sewajarnya saja kalau bisa pahami
waktu-waktu aktif mereka dan kita dapat menyesuaikan dengan mereka. Lakukan
minimal sehari tiga kali dan paling banyak delapan atau sepuluh kali.
Akhirnya, mari bebisnis lewat
FB sengan semangat silaturohim, saling membantu dan tetap profesional. Semoga
bisnis kita lancar dan sukses.
*Yeyen Robiah
#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia
Makasih sharing ilmunya Mbak...Silaturahim memang bikin bisnis bisa lancar dan sukses
ReplyDeleteiya mba...terima kasih kembali
ReplyDelete