Tuesday, August 15, 2017

5 Rahasia Sukses Berbisnis di FB






Facebook adalah salah satu media sosial yang paling digemari dan laris di kalangan pengguna internet. Fitur yang mudah digunakan serta misi FB yang digaungkan adalah connecting people, membuat FB menjadi media yang pas sebagai ajang saling bertemu, bernostalgia, dan bersosialisasi meski sebatas dunia maya.

Lalu bagaimana kita memanfaatkan FB ini sebagai media untuk meraup keuntungan?
Yuk kita simak 5 rahasia sukses berbisnis di FB berikut ini.

  1. Share status yang bermanfaat
Agar para pembaca yang nota bene calon customer kita betah di wall kita maka buatlah mereka nyaman dengan isi wall kita. Jangan sampai kita membuat status yang berisi keluh kesah, galau apalagi sumpah serapah. Jika hal ini dilakukan maka aura negatif akan yang menempel di akun kita. Ini sangat merugikan kita sendiri. Pembaca akan males mampir apalagi berlama-lama di wall kita.

Kebalikannya, buatlah status yang menyenangkan, inspiratif, lucu, ringan tetapi tetap sarat akan makna. Status-status itu bisa berupa kisah keseharian kita dengan anak-anak, komunitas, hobby, dll.

Selain kisah keseharian kita , kita juga bisa mengambil atau mengisahkan kembali kisah-kisah orang lain yang banyak beredar di internet. Kisah ini bisa berupa perjuangan hidup, merintis bisnis ataupun kisah keluarga yang mengharu biru. Point yang kita tonjolkan adalah sisi kebermanfaatannya atau nilai hikmah yang kita dapatkan setelah kita membaca kisah-kisah tersebut.

Oya satu larangan dalam menulis status ini adalah jangan sampai ada kasus plagiasi. Jika kita menemukan kisah positif dari status atau tulisan orang lain maka kita harus menuliskan sumbernya. Ini adalah salah satu adab dalam dunia tulis menulis.

  1. Jalin interaksi
Setelah menulis status-status yang bermanfaat, maka langkah selanjutnya adalah adanya hubungan timbal balik. Lakukan interaksi yang wajar pada setiap aktifitas kita di FB. Saling menyapa, saling membalas koment ataupun like dan tidak mengarah pada ghibah, rasis dan hal-hal negatif lainnya.

  1. Membuat ajang give away
Pada dasarnya semua orang itu suka diberi hadiah. Hadiah adalah salah satu bukti perhatian, kasih sayang dan kepedulian. Orang tidak akan melihat besar kecilnya hadiah itu tetapi lebih ke ikatan batin karena saling peduli dan perhatian.

Kita bisa mengadakan ajang give away pada saat moment-moment tertentu, misal menjelang Ramadhan, hari kemerdekaan dan lain-lain. Hadiah pun beragam, namun diusahakan hadiah itu berhubungan dengan produk kita. Selain sebagai ajang silaturohim, give away ini bisa sebagai ajang promosi produk kita.

  1. Share produk dengan elegant
Setelah melakuka tiga hal di atas, diharapkan hubungan kita dengan calon customer akan semakin dekat. Adanya perkenalan, tertarik dan akhirnya suka dan percaya akan membuat calon customer kita tidak segan-segan lagi untuk bertransaksi dengan kita. Inilah saatnya kita membuat branding produk kita.

Setelah terjalin hubungan yang baik dengan customer, kita bisa mulai share produk kita di FB. Share produk ini pun harus secara elegant. Kita bisa mulai menawarkan produk kita dengan bahasa-bahasa yang nyantai namun mengena. Beberapa formula atau pola kalimat yang menarik dan elegant dalam mempromosikan produk kita di FB bisa kita pelajari dengan ilmu hypnowriting. Hypnoowriting adalah ilmu komunikasi tentang bagaimana sebuah tulisan bisa mempengaruhi dan akhirnya mengajak calon customer untuk bertransaksi dengan kita tanpa paksaan. Hypnowriting ini bisa kita pelajari dengan membaca berbagai literatur, buku ataupun pelatihan-pelatihan yang kini sudah mulai marak ditawarkan di media online.

  1. Konsisten
Rahasia terakhir adalah konsisten. Ya, semua tahapan yang bisa kita lakukan untuk melejitkan usaha kita melalui FB dapat berhasil jika kita lakuka terus menerus. Adanya interaksi yang intens akan elegantt menghasilkan kepercayaan pada calon customer. Selain itu promo-promo yang elegant secara terus menerus akan menumbuhkan kasadaran calon customer akan kebutuhannya terhadap produk kita. Kesadaran yang muncul lama kelamaan akan menumbuhkan rasa suka, tertarik dan percaya pada kita. Kalau sudah ada rasa percaya maka kemungkinan besar mereka berani dan mau bertransaksi dengan kita.

Oya konsisten disini bukan berarti menyebar tulisan ataupun produk secara terus menerus dalam jumlah banyak dan sembarangan ya. Kita share sewajarnya saja kalau bisa pahami waktu-waktu aktif mereka dan kita dapat menyesuaikan dengan mereka. Lakukan minimal sehari tiga kali dan paling banyak delapan atau sepuluh kali.

Akhirnya, mari bebisnis lewat FB sengan semangat silaturohim, saling membantu dan tetap profesional. Semoga bisnis kita lancar dan sukses.


*Yeyen Robiah

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia



2 comments:

  1. Makasih sharing ilmunya Mbak...Silaturahim memang bikin bisnis bisa lancar dan sukses

    ReplyDelete
  2. iya mba...terima kasih kembali

    ReplyDelete