Saturday, November 26, 2016

Ini Dia Sepatu Yang Cocok Untuk Para Emak


Menjadi emak rumahan itu bukan berarti gak boleh bergaya kalau mau pergi-pergi. Mereka juga ingin tampil rapi, indah dan cantik saat keluar rumah, entah untuk ke mall, arisan, mengantar anak sekolah ataupun untuk menemani suami ke acara-acara resmi atau acara keluarga.

Ada setitik kegalauan dalam diri si emak ini ketika dia mau pergi ke acara-acara tersebut. Ketika dia sudah memakai baju atau gamis yang oke, si emak ini bingung alias galau dalam memilih sepatu yang sesuai dengan gamis dan jenis acara yang akan dia hadiri.

Sebagaimana kita ketahui, para emak rumahan ini berbeda dengan para emak yang berkarier di luar rumah. Mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah dengan pekerjaan domestik dan anak-anak tercinta. Sedangkan para emak karier ini harus keluar rumah dan berjuang di medan tempur yang bernama kantor. Nah perbedaan inilah yang menciptakan perbedaan selera dan jenis sepatu yang sesuai dengan profesinya masing-masing.

Untuk emak kantoran, sangat mudah bagi mereka menemukan dan mendapatkan model sepatu yang sesuai bagi mereka. Jenis sepatu high heels, block heels dan pantofel sangat pas buat mereka. Kesan formal, elegant dan tetap cantik tercover dalam 3 jenis sepatu ini. Selain itu keberadaannya pun sangat mudah kita temui di berbagai toko sepatu ternama baik secara offline ataupun online.

Nah bagimana untuk para emak rumahan?

Emak rumahan yang juga sebuah profesi mulia sangat berbeda dengan emak kantoran. Dari segi pilihan model, penampilan dan aksesoris mereka memiliki perbedaan kondisi atau keadaan, selera dan fungsi utamanya.

Emak rumahan ini kantor tetapnya di rumah sedangkan kantor mobilenya bisa di warung, pasar, mall, tempat arisan, sekolah dan yang pasti dapur dan sekitarnya. Dan tempat yang paling memerlukan penampilan yang serasi, indah dan cantik adalah sekolah, yaitu saat mengantar anak dan ngobrol bareng emak-emak lainya, arisan, pengajian dan jalan bareng gang emak rempong, hehe...

Pekerjaannya inilah yang membuat kurang sesuai kalau memakai sepatu seperti emak-emak kantoran. Bayangkan saja, kalau emak-emak mau ke sekolah nganter anak-anak, dia pakai sepatu high heels atau block heels, pasti akan dibully habis-habisan sama emak-emak penunggu sekolah lainnya, hehe...Nah kalau mau pakai sepatu flat lancip, kok bentuknya fomal banget gitu ya? Ah bener-bener ga PD deh, akhirnya pakai sandal lagi sandal lagi. Ih bosen ah...

Nah, setelah window shopping kesana kemari, akhirnya ada juga nih model sepatu yang pas buat para emak rumahan ini. Dengan kriteria sepatunya tidak formal, tidak kaku dan pastinya nyaman. Pokoknya kalau mau jalan, tetep percaya diri dan aman deh.

Kriteria pertama adalah nyaman. Untuk kenyamanan, model sepatu falt adalah pilihan yang pas bagi para emak rumahan ini. Dengan memprioritaskan keselamatan dan keamanan, sepatu flat sangat sesuai untuk yang sangat energik. Iya, energik karena kadang harus mengejar balitanya yang kesana kemari, hehe.... Dengan sepatu flat ini para emak tidak akan jatuh ataupun tergelincir karena tidak menahan beban dengan heels yang tinggi dan runcing.

Nah, tidak semua sepatu flat sesuai dipakai oleh para emak ya, ada beberapa kriteria lain lagi lo. Yaitu sepatu flat yang tidak terlihat formal banget. Eits ada kah? Ada dong Mak..Sepatu flat yang ga formal banget itu bisa berupa sepatu yang bagian ujungnya bulat alias tidak lancip. Model ujung bulat ini diyakini pas banget buat para emak. Kesan formalnya tidak terlihat mencolok sepeti yang lancip. Selain itu dengan bentuk yang bulat ini kaki para emak ini lebih leluasa dan bebas karena mempunyai ruang yang lebih luas.

Model lainnya yang bisa menjadi pilihan para emak rumahan adalah sepatu flat dengan modif lubang di bagian depannya (seperti gambar pada model). Model ini mengkombinasikan antar sepatu dan sandal. Sepatu untuk model secara keseluruhan dan model sandal (agak terbuka) di bagian depannya. Nah model inilah yang sangat pas bagi para emak rumahan. Selain terlihat lebih santai, casual juga tetap cantik.


Nah bagaimana untuk para emak yang kurang percaya diri dengan tinggi badan?
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian emak juga ingin tampil terlihat lebih tinggi. Nah, jangan khawatir wahai para emak, kini emak bisa menjatuhkan pilihannya ke model sepatu yang menjadi favorit artis komedian Nunung, yaitu model Wedges.

Model wedges ini sangat sesuai bagi para emak yang ingin tampil lebih tinggi. Tanpa mengurangi kerepotan saat mereka melakukan hal-hal yang energik, model wedges yang heelsnya rata dan permukaannya lebih lebar ini akan aman dan nyaman dipakai. Dengan wedges ini para emak tidak akan mudah tergelincir ataupun terkilir. Meskipun tingginya lebih dari sepatu flat, yaitu sekitar 5-7 cm, sepatu ini lebih aman dan nyaman daripada high heels ataupun block heels. Beban dari badan kita akan ditumpu oleh permukaan yang lebih rata dan luas. Nah pas kan ,Mak? Tampil tetep keren, modis dan cantik dengan si wedges yang tinggi ini.

Nah sekarang untuk pemilihan bahan. Untuk bahan sepatu, carilah sepatu yang bahannya terlihat casual dan tidak mengkilat yang mempunyai kesan formal dan kaku. Misalnya kita bisa memilih bahan katun, denim, kanvas ataupun yang sedang ngetrend yaitu sepatu rajut. Bahan ini bisa dikombinasikan dengan sol karet yang anti slip atau bisa juga sol kayu yang ringan. Lebih baik hindari pemilihan bahan kulit asli atau sintetis yang mengesankan formalitas dan lebih terlihat lebih glamaour.

Untuk pemilihan motif, disarankan memilih motif yang berwarna netral ataupun bisa sedikit cerah. Selain itu agar terlihat more casual, lebih baik memilih motif yang agak bercorak atau tidak polos. Kalau untuk para emak kantoran, warna hitam, coklat dan putih polos sangat sesuai,tetapi kalau untuk para emak rumahan lebih pas motifnya  ada sedikit corak atau warna warni sederhana. Motifnya bisa berupa bunga ataupun batik jumputan. Oh batik jumputan? Apa itu batik jumputan?

Yup batik jumputan adalah sejenis batik modern dengan metode celup dan menkombinasikan warna warna tertentu. Motif batik jumputan ini terlihat lebih casual dan ceria. Bentuknya yang abstrak tapi teratur lebih menggambarkan keluwesan dan kebebasan. Motif ini sebenarnya pas juga bagi emak kantoran yang ingin tampil lebih fresh tetapi lebih pas lagi bagi para emak rumahan yang memang luwes bisa kemana saja.

Nah itu tadi ulasan tentang beberapa model dan motif sepatu yang bisa dijadikan pilihan bagi para emak, khususnya emak rumahan agar tetap tampil serasi dan cantik dalam berbagai acara. Jadi untuk para emak, apapun profesimu coba mulailah memilih sepatu yang sesuai dengan jiwa dan aktifitas masing-masing. Penampilan memang bukan segalanya tetapi dengan penampilan yang cantik, serasi dan indah itu kita jadi lebih percaya diri dan tidak menggangu segala aktifitas utama kita. Pilihlah sepatu yang nyaman, praktis dan tentu saja cantik untuk menemani hari-harimu yang luar biasa.





2 comments:

  1. Walau aku working mom, aku pecinta abadi flat shoes. Nggak sanggup harus pake heels even itu wedges. Ngebayangin ngejar krucils tanpa flat shoes apa kabarnya.... hehe

    ReplyDelete
  2. hehe betul bund, memang flat shoes itu lebih nyaman dan aman untuk semua wanita. tapi biasanya working mom lebih ke performance, jd cenderung ke heels, tapi tergantung orangnya juga ya, meskipun working mom tetep cinta mati ama flat shoes sah-sah aja...hehe

    ReplyDelete