Saturday, August 5, 2017

6 Langkah Menjalankan Bisnis Bagi Pemula





Ketika seorang wanita memutuskan untuk terjun di dunia bisnis, niat saja tidak cukup jika belum ada ction.  Namun permasalahannya adalah action apa dulu yang harus kita lakukan untuk memulai bisnis kita ini?

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memulai bisnis kita.

  1. Menentukan produk yang akan kita jual

Produk adalah hal pertama yang harus kita pikirkan. Kita harus tentukan dulu jenis barang atau jasa apa yang akan kita jual. Sebagai awalan jika belum memungkinkan produksi sendiri, kita bisa bertindak sebagai marketer, reseller ataupun dropshiper. Model ini sudah sangat familiar bagi pengguna internet. Kita bisa bekerjasama dengan produsen yang membuka program marketer, reseller ataupun dropshiper. Jenis barangnya pun beragam, mulai dari fashion wanita dan anak-anak, kuliner, kosmetik, obat-obatan, hingga produk berupa jasa yaitu pelatihan olnline yang sering diadakan oleh para coach terkenal seperti kang Dewa, teh Indri Mastutu, mak Mury Handayani, mas Hermas dan kawan-kawan lainnya.

Silakan teman-teman mulai menetukan produsen mana yang akan diajak kerjasama, lalu jalin komunikaai dan komitmen bersama.

  1. Menentukan target market dari produk kita
Produk sudah kita dapat, selanjutnya adalah menentukan target market.
Menentukan target market ini sangat penting karena kita memegang prinsip bahwa setiap produk itu pasti ada jodohnya. Tentukan dulu kalangan atau komunitas mana yang sangat membutuhkan produk kita. Misal jika produk kita adalah fashion wanita maka target market kita adalah kalangan ibu, remaja putri atau mahasiswi.

Untuk menetukan target market secara mendetil, nanti akan saya bahas dalam tulisan-tulisan saya selanjutnya.

  1. Menentukan media penjualan
Setelah mendaparkan produk dan target market, selanjutnya kita mulai pikirkan media apa yang akan kita gunaka. Artinya kita akan menawarkan produk kita ini melalui medai online atau offline. Jika kita memilih media online, kita juga harus menetukan media sosial apa yang akan kita pergunakan, FB, IG atau web. Setiap medai online ini memiliki karakter yang berbeda-beda. Misalnya untuk FB kekuatannya terletak pada tulisan, foto dan edge rank. Sedangkan pada instagram lebih dominan pada penggunaan foto. Nah silakan tentukan media online mana yang paling kamu kuasai sehingga kamu dapat eksis nantinya.

  1. Melakukan promosi
Semua persiapan awal sudah kita lakukan, selanjutnya kita mulai action. Action yang pertama adalah melakukan promosi. Promosi ini bisa kita lakukan secara berkala, terjadwal dan konsisten. Catatan penting dalam melakukan promosi adalah jangan sekali-kali kita membuat calon pembeli kita tidak nyaman dengan promosi yang kita lakukan, misal dengan broadcast dan tag. Hal ini kan membuat target market kita tidak tertarik dan akhirnya mereka tidak ingin bertransaksi dengan kita. Dalam artikel berikutnya akan saya bahas bagaimana membuat kalimat promosi yang mudah tetapi tetap nyaman dibaca oleh calon pembeli kita yang akhirnya mereka mau bertransaksi dengan kita.

  1. Melakukan pencatatan
Pencatatan sangatlah penting bagi seorang pebisnis. Dalam catatan itu kita dapat mengetahui produk apa yang paling laris, dan tentu saja rekapan data pembeli dan keuangan keluar masuk dapat terkontrol. Buatlah pencatatan yang sederhana dan berkala. Nanti dia akhir bulan kita bisa membuat laporan bulanan yang dapat menggambarkan aktfiitas bisnis kita.

  1. Melakukan evalusi
Setelah bisnis kita berjalan dalam hitungan bulan, sudah semestinya kita melakukan evaluasi secara berkala. Hal ini sangat penting dilakukan agar dapat meminimalisir kesalahan dan kekurangan selama bisnis kita berjalan. Lakukan evaluasi sederhana dan berkala.

Nah demikian lah 6 langkah utama dalam memulai bisnis kita. Jika kita konsisten melakukan enam lamgkah ini maka bisnis yang sedang kita jalani ini akan terlihat kemajuannya. So, siap ACTION?

*YeyenRobiah

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia





4 comments:

  1. Terimakasih sharingnya ka..
    Aisyah ingin sekali mencoba bisnis tapi belum PD, he..

    ReplyDelete
  2. mungkin bisa dimulai dari marketer mba, ga harus langsung nyetok atau produksi. semangat ya mba

    ReplyDelete
  3. Lengkap langkah-langkahnya, Mbak! Niat sudah ada tinggal action saja nggak jalan-jalan saya..hiks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...wah harus dikomporin terus nih. semangat yuuk

      Delete