Friday, August 4, 2017

Hobi, Ide Bisnis Yang Menjanjikan





Ketika kita membuka Facebook kini sudah tidak asing lagi banyak produk-produk yang ditawarkan oleh teman FB kita. Ada yang ngeshare baju wanita, gamis, jilbab, tas, makanan dan lain sebagainya. Bahkan kini banyak juga yang menawarkan arisan online yang produknya tak jauh-jauh dari wilayah kekuasaan wanita. Keren dan luar biasa memang bisnis online ini.

Kamu juga pasti sudah tahu dong kenap begitu menjamurnya bisnis online via facebook terutama di kalangan wanita? Ya karena para wanita itu butuh belanja, harus belanja dan hobi belanja, betul?

Nah setelah melihat beberapa teman kita sukses dengan bisnis online, kamu mau juga dong ikutan seperti mereka. Pengen punya pemasukan tambahan, pengen sukses dan yang penting pengen seneng-seneng juga. Tapi kadang kita bingung ya mau memulai bisnis apa? Nah pada tulisan ini saya ingin berbagi sebuah cara menemukan ide bisnis yang sederhana namun bisa jadi bahan acuan kamu untuk sukses seperti mereka.

Sesuatu yang sederhana itu bernama HOBI.

Setiap orang itu pasti memiliki hobi yang berbeda-beda, ada yang hobi berkebun, hobi memasak, hobi menulis dan lain sebagainya. Siapa sangka dari hobi yang kita miliki dan kita sukai bisa menjadikan bisnis yang bakal membuat kita sukses.

Misalnya saja, kamu hobi memasak, maka hobimu ini biasa kamu jadikan sebagai bisnis, yaitu bisnis kuliner. Kamu bisa membuat beberapa masakan unggulanmu, lalu  foto dan mulai share ke FB. Tentu saja dalam memperkenalkan produkmu ini bisa dimulai dengan melaunching masa promo, misalnya free tester berlaku di sekitar wilayahmu, discount 50% dan lain sebagainya. Masa promo ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menjadikan awareness teman-teman FB mu bahwa kamu jualan masakan homemade.

Contoh lain jenis hobi yang bisa dijadikan bisnis adalah hobi mengoleksi tas. Kamu pasti tahu juga dong hubungan dekat antara tas dan wanita. Tas adalah salah satu assesoris yang tidak bisa jauh dari kehidupan wanita. Bahkan ada beberapa wanita yang mengumpulkan berbagai model tas bukan karena fungsinya melainkan karena kepuasannya. Nah hobi semacam ini sah-sah saja selama dia mampu dan tidak berlebihan.

Hobi mengoleksi tas ini bisa kita naikkan levelnya menjadi sebuah bisnis yang elegant. Mengubah posisi dari sebagai konsumen menjadi seorang distributor. Jadi keuntungannya adalah hobi kita mengoleksi tas tetap jalan dan uang pun datang.

Lalu bagaimana jika hobi kita itu unk, langka atau nyentrik?
Wah ga masalah, malah hobi yang  unik itu nanti bisa mendapatkan fans yang fanatik yang bakal loyal dengan kita.

Beberapa contoh hobi unik yang bisa dijadikan ladang bisnis misalnya adalah fotografi, travelling, berkebun tanaman anggrek dan lain sebagianya. Misal, hobi foto-foto alias fotografi. Hasil dari jepretan kita bisa dikirim ke media cetak ataupun media sosial seperti Instagram lalu dari sana kita bisa mendapatkan masukan dan fans tersendiri.

Salah satu manfaat dari bisnsi yang berdasarkan hobi adalah kita akan merasa enjoy atau sangat menikmati. Apapun akan kita lakukan karena ini memang kesenangan kita. Hanya saja jika hobi ini ingin dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan maka profesionalitas harus segera kita terapkan. Kita sudah tidak bisa sewaktu-waktu dan seenaknya dalam mengerjakannya. Ada ilmu-ilmu yang harus kita kuasai demi kesempurnaan hobi kita ini. Selain itu mangement diri dan sistem harus kita seriusi lagi. Tapi minimal kalau sudah hobi biasanya semuanya akan berjalan menyenangkan.

Nah, bagaimana, apakah sudah ada pencerahan tentang ide bisnis yang bisa kamu lakukan? Coba tanyakan pada diri sendiri, hobi apa yang kamu miliki, dan siapkah hobi itu kita jadikan bisnis yang menjanjikan? Go ACTION !!

*Yeyen Robiah
#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

No comments:

Post a Comment