Monday, October 31, 2016

Meningkatkan Produktivitas IRT dengan Kursus UKM (kuliner) Online



Ibu rumah tangga adalah sosok yang multitasking. Dia bisa berperan sebagai apa saja dengan titelnya itu. Selain tugas utamanya sebagai sekolah pertamanya anak-anak, ibu juga berperan sebagai juru masak, guru, dokter, perawat, akuntan, psikolog dan lain sebaginya. Selain itu dengan sosok yang memiliki banyak peran, seorang ibu juga harus menjadi sosok yang mandiri baik secara finansial maupun mandiri dalam menghandel tugas-tugas domestik rumah tangga.

Sebagai patner setia dari seorang suami atau ayahnya anak-anak, kemandirian finansial seorang ibu bukan berarti  indikator kurang qonaahnya terhadap rezeki yang diberikan Allah melalui suaminya. Kemandirian ini lebih kepada memanfaatkan potensi yang dimiliki seorang ibu sehingga bisa sebagai patner yang solid dalam mewujudkan impian-impian keluarga bersama suami. Selain itu kemandirian ini perlu dimiliki oleh seorang istri untuk berjaga-jaga jika suatu saat nanti mengalami hal-hal yang masih menjadi rahasia Illahi. Misalnya saja jika suami diPHK, suami meningal dunia, suami sakit sehingga tidak bisa bekerja atau mungkin suami pulang ke pangkuan wanita lain, #ehh

Berbekal rasa kepedulian terhadap kaum perempuan terutama para ibu, maka mba Dhiya Islamica, atau yang sering disapa mba Dhiya ini mencoba merintis usaha kecil di bidang kuliner favorit keluarga. Waktu itu beliau membuat cemilan sehat homemade yang dijual ke rumah-rumah di sekitar komplek dan sekolah dan sebagian lagi dijual oleh para reseller beliau.

Tak ingin hanya sampai disini, akhirnya mba Dhiya menelurkan ide agar ibu-ibu yang lain juga ikut merasakan angin segar  dunia bisnis kuliner favorit keluarga ini. Dengan berbekal ilmu yang beliau peroleh dari mengikuti beberapa training bisnis yang diadakan oleh team creative Indiscript pimpinan teh Indari Mastuti, beliau mengajak ibu-ibu lain untuk ikut membangun bisnis rumahan ini lengkap dengan soft skill nya. Jadi di sini beliau tidak hanya mengajarkan resep dan cara pembuatan makanan homemade yang sehat, tetapi juga mengajarkan berbagai ilmu dasar perbisnisan yang sederhana, yang mampu dicerna dan dipraktekan oleh ibu-ibu.

Nah dengan bekal beberapa  kursus makanan secara offline dan beberapa training dan coaching bisnis di Indiscript, akhirnya mba Dhiya membuka layanan jasa dan pendampingan yang diberi nama D’ASA PRENEUR. Layanan jasa D’ASA PRENEUR ini menawarkan kursus UKM online lengkap dengan materi-materi dasar perbisnisannya. Kursus online ini fokus ke ranah kuliner makanan untuk keluarga. Beberapa produk andalannya adalah cendol keju, nugget wortel, kue sagu wortel, sosis sehat, krupuk bayam, pempek Palembang, siomay dan batagor spesial.

Jadi, D’ASA PRENEUR ini tidak hanya fokus pada produksi macam-macam kuliner keluarga tersebut tetapi juga ke pengelolaan usahanya mulai dari nol. Beberapa materi dasar tersebut adalah mencakup resep dan cara pembuatannya, menentukan harga jual, memasarkan, mengemas, merekrut dan membina karyawan, memfollow up, target penjualan, management waktu, pembukuan usaha dan konsultasi. Inilah yang menjadi kelebihan dan inovasi terbaru dari D’ASA PRENEUR.

Dengan materi yang dibawanya nanti, D’ASA PRENEUR merupakan satu paket usaha kuliner keluarga yang lengkap dan terorganisir dengan baik. Tujuan utamanya adalah agar UKM yang akan dirintis oleh para ibu rumah tangga itu nantinya bisa berkembang menjadi bisnis atau usaha yang bisa diandalkan.

Oya, kursus UKM online ini dapat diakses dalam grup WA dengan menampilkan materi-materi pilihan tersebut .Dalam grup ini akan didampingi dan diarahkan agar tujuan UKM tersebut tercapai. Pendampingan inilah yang menjadi sorotan utama D’ASA PRENEUR. Kegiatan sharing, konsultasi dan evaluasi dikerjakan dalam grup binaannya ini.

Nah bagi para ibu rumah tangga yang ingin membuka usaha rumahan tetapi bingung mau usaha apa, maka D’ASA PRENEUR adalah solusinya. Selain produk kulinernya yang lain daripada yang lain, sistem pendampingannya yang all out akan membuat nyaman bagi para pemula bisnis rumahan, terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan di bidang kuliner favorit keluarga.

Tetap semangat buat ibu-ibu semua, mari kita berjuang untuk keluarga kita tercinta

Noted:
Tulisan ini adalah rangkuman dari sesi sharing bersama mba Dhiya Islamica, ibu  rumah tangga penggerak usaha kecil dan menengah melalui kursus UKM online


No comments:

Post a Comment